Di bagian sebelumnya kita telah belajar cara menginstall opencart di server local dengan menggunakan xampp. Selanjutnya kita akan mengupload olshop kita ke server online dengan menggunakan hosting tentunya. Hosting gratis yang akan kita gunakan adalah 000webhost. Memang hosting gratis banyak kekurangannya, namun jika digunakan untuk belajar (pemula) sudah sangat-sangat bagus.

1. Pertama kita buat akun dulu di website 000webhost. Jika kita sudah berhasil membuat akun maka kita bisa menuju halaman member seperti berikut. Klik tanda + untuk menambahkan website.

000webhost hosting gratis

2. Selanjutnya kita diminta untuk memasukkan nama website dan password. Setelah diisi klik Create

create new website 000webhost

3. Jika sudah, maka kita buat database terlebih dahulu. Klik Manage Database


4. Scroll ke bawah dan klik New Database!


5. Isikan nama database, user, dan password. kemudian klik Create!

create database 000webhost


6. Database sudah dibuat, sealanjutnya kita upload file opencart kita melalui file manager. Klik File Manager > scroll ke bawah kemudian klik Upload files now.


7. Setelah masuk ke halaman File Manager klik Upload files kemudian klik Select Files. Sebelum kita upload, folder opencart kita compress menjadi zip agar mudah dalam penguploadan. Penting: sertakan folder install dalam folder opencart sebelum diupload!

  
8. Klik Upload dan tunggu sampai prosesnya selesai!


Cara upload di atas sebenarnya tingkat keberhasilannya kecil. Koneksi internetnya harus benar-benar lancar. Oleh sebab itu saya merekomendasikan upload file ke hosting dengan menggunakan FileZilla.

9. Setelah file ter-upload, kemudian extract dan tempatkan seluruh file yang ada di folder opencart ke folder public_html! Jangan lupa hapus file .htaccess bawaan file manager. Folder public_html akan nampak seperti ini.


10. Selanjutnya kosongkan file config.php yang ada di public_html dan di public_html/admin. Caranya, klik kanan > edit kemudian hapus semua tulisannya dan simpan.
11. Akses website kita. Dalam hal ini  https://tasjebret.000webhostapp.com. Jika muncul error seperti gambar di bawah, buka dan edit public_html/system/library/template.php.


12. Pada baris no 9 di template php, ganti $expire dengan @expire.


13. Refresh kembali halaman yang tadi error kemudian lakukan penginstallan seperti biasa. Jangan lupa memasukkan password pada database karena kita menggunakan password.


14. Setelah selesai, langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah mengganti database online dengan database lokal. Caranya akses http://localhost/phpmyadmin/, kemudian klik db_opencart dan pilih Export! Setelah itu klik Go!


15. File database lokal bernama db_opencart.sql akan terdownload dan nantinya akan kita upload untuk menggantikan database online.
16. Pada halaman database di 000webhost klik manage kemudian pilih PhpMyAdmin.


17. Klik nama database kita (dalam hal ini id3529295_tasjebret), centang pada Check All, kemudian pilih Drop! Kita akan menghapus database di server online.


18. Setelah terhapus semua, kemudian klik Import, klik Choose File, dan pilih database yang telah kita download tadi (dalam hal ini db_opencart.sql). Kemudian klik Go!
19. Setelah selesai, maka website kita sudah bisa diakses. Mari kita coba akses olshop kita (dalam hal ini http://tasjebret.000webhostapp.com/.

opencart online shop

Akhirnya, olshop kita sudah berhasil diupload di server online. Dan sekarang pengguna internet di seluruh dunia bisa mengaksesnya. Jika Anda mendapat banyak error saat installasi saya sarankan untuk menggunakan opencart versi lain (selain versi 2.2.0.0).