Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Opencart Gratis

Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Opencart Gratis

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat toko online sendiri dengan opencart gratis

Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Opencart Gratis

Bagi entrepreneur, keberadaan toko online sangat dibutuhkan mengingat sekarang sudah zamannya serba online. Jika kita seorang pengusaha pasti sangat ingin mempunyai toko online sendiri untuk memudahkan pelanggan (costumer) dalam membeli barang-barang kita. Terlebih lagi jika kita (para pengusaha) belum mempunyai toko offline. 

Membuat toko online sendiri menurut saya bukanlah suatu hal yang sulit, meskipun tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk membeli toko online dari developer atau juga membayar orang untuk membuatkan toko online. Dengan harga yang tidak murah tentunya. Yah, semua tergantung Anda. Jika Anda tidak mau ribet bisa langsung membeli toko online dari jasa pembuat olshop (toko online). Namun jika Anda ingin menghemat biaya atau Anda adalah seorang pedagang pemula, membuat olshop sendiri adalah pilihan yang sangat bijak.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Cara Membuat Toko Online Sendiri dengan Opencart Gratis dengan menggunakan CMS Opencart. Sebenarnya tidak hanya opencart CMS yang bisa digunakan untuk membuat olshop. Namun saya lebih tertarik dengan opencart karena tersedianya banyak themes gratis yang dapat "mempercantk" dan module-module gratis yang bisa mengoptimalkan olshop kita. Ya, semua kembali ke yang gratis-gratis. 


Tutorial ini dibagi menjadi dua bagian. Pertama, kita akan belajar membuat olshop pada server lokal kita. Kenapa? Tidak mungkin olshop yang masih dalam pengembangan langsung diupload ke internet. Kedua, kita akan belajar mengupload olshop kita ke server online. 

Mengawali bagian pertama, kita membutuhkan aplikasi Xampp yang bisa di download di https://www.apachefriends.org/download.html

1. Pilih versi yang ingin Anda gunakan! Kalau saya pribadi lebih memilih versi 5.6.31. 

install xampp
2. Setelah terdownload, install!
3. Jika muncul pemberitahuan seperti dibawah ini, berarti kita diminta untuk tidak menginstall xampp di direktori C:\Program Files (x86). Klik OK!

install xampp

4. Muncul Welcome to the Xampp Setup Wizard. Klik Next!
5. Pilih komponen yang akan diinstall. Pastikan semua kotak tercentang. Kemudian klik Next

install xampp

6. Pilih lokasi penginstallan. Di sini saya memilih C:\xampp. Kemudian klik Next!
7. Tunggu sampai proses installasi selesai!
8. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Centang pada Do you want to start the Control Panel now? kemudian klik Finish!

install xampp

9. Selanjutnya akan muncul jendela XAMPP Control Panel. Klik start pada Apache dan MySQL. 
  
install xampp

10. Untuk melihat apakah web server kita sudah berfungsi cukup buka browser dan akses http://localhost. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini sudah maka sudah berhasil.


11. Sedangkan untuk melihat database server cukup akses http://localhost/phpMyadmin. Berhasil di buat jika mucul tampilan sepetri di bawah ini.

php my admin

Oke, web server dan database server sudah dibuat. Selanjutnya kita akan menginstall opencart di server yang telah kita buat tadi. Langkah-langkah penginstallannya sebagai berikut:

1. Akses http://localhost/phpMyadmin karena kita akan mulai membuat database untuk olhsop kita. Pada menu yang berderet di atas pilih Database! Kemudian pada Database Name isi dengan nama database kita, misal db_opencart. Selanjutnya klik Create!


2. Setelah berhasil, maka tampilan yang muncul seperti berikut. Terlihat kosong karena memang belum ada data yang di masukkan.



3. Selanjutnya klik Previleges! Terlihat beberapa user, namun yang akan kita pakai adalah user root dengan host localhost. Sebenarnya kita bisa membuat user baru dengan klik Add user account, tapi saya lebih memilih menggunakan user yang sudah ada.

  


Sampai tahap ini ada hal yang perlu kita ingat, yaitu kita telah membuat database dengan nama "db_opencart",  user dengan nama "root", dan host dengan nama "localhost".

4. Database sudah siap dan selanjutnya kita akan download opencart di https://www.opencart.com/ kemudian kli Free Download. Akan muncul halaman seperti berikut. Kita bisa mendownload versi terbaru namun saya lebih memilih versi sebelumnya. Kenapa? Karena biasanya yang terbaru masih terdapat beberapa bug dan belum banyak module yang mendukungnya. Jadi saya akan pilih previous releases.


5. Ada bermacam-macam versi, misalkan kita pilih versi 2.2.0.0. Penting: saya sarankan untuk memilih selain versi 2.2.0.0 karena banyak terdapat error. Klik tombol download dan kita tunggu sampai selesai.
6. File hasil downlod yang berbentuk zip kemudian kita extract sehingga nampak beberapa folder.

install opencart

7. Copy folder "upload" ke direktori C:\xampp\htdocs kemudian kita rename folder "upload" menjadi "opencart"

install opencart

8. Selanjutnya kita akses http://localhost/opencart untuk memulai proses instalasi.
9. Pada halaman di bawah ini klik Continue!

install opencart

10. Selanjutnya akan ada keterangan "Missing" seperti berikut yang menandakan file yang bersangkutan tidak dapat ditemukan. Cara mengatasinya adalah dengan membuka direktori C:/xampp/htdocs/opencart/ dan rename file "config-dist.php" menjadi "config.php". Buka juga direktori C:/xampp/htdocs/opencart/admin/ dan rename pula file "config-dist.php" menjadi "config.php". 

install opencart

11. Refresh halaman tadi (tekan F5) dan status yang tadinya "Missing" akan berubah menjadi "Writable"

install opencart

12. Klik Continue kemudian isi data yang diperlukan! Ingat kembali database, user, dan host yang telah kita buat tadi! Passwor pada database kita kosongi karena kita memang tidak mebuat passwor di username. Untuk username, password, email untuk administration bisa kita isikan sesuka hati.

install opencart

13. Setelah di klik Continue maka akan muncul tampilan bahwa opencart berhasil diinstall. Jangan lupa hapus file "install" di direktori C:/xampp/htdocs/opencart/! Klik Login to Your Administrator untuk mengelola olshop kita. Atau klik Go to Your Online Shop untuk melihat bagaimana tampilan olshop kita. 

install opencart

14. Jika kita login di halaman administration, maka beginilah tampilan antarmukanya.

login opencart

dashboard opencart

15. Sedangkan tampilan olshop kita sendiri tampak seperti berikut

install opencart

Masih sederhana memang dan masih perlu banyak pengembangan. Tapi minimal online shop kita sudah jadi. Jika kita ingin mengembangkan olshop seperti mempercantik tampilan olshop, menambah informasi-informasi, mencantumkan testimonial, menambah widget (facebook, twitter, instagram dsb), menambah modul, dan kawan-kawannya sebaiknya sekarang saat olshop kita masih di server local. Karena kita masih punya banyak keleluasaan dalam melakukan editing pada olshop kita. Kita tidak butuh jaringan internet yang bisa memakan kuota kita. 

Oke tahap pertama telah selesai. Selanjutnya masuk ke tahap kedua yaitu mengupload olshop kita ke server online. Jadi kita akan menguploadnya ke layanan hosting yang akan kita gunakan nanti. Yang pasti hosting yang kita akan gunakan adalah hosting gratis. 

Tags: opencart , tutorial
comments powered by Disqus