Modul Dropdown Kota Kecamatan (Select City and District Module) Opencart

Modul Dropdown Kota Kecamatan (Select City and District Module) Opencart

Modul dropdown kota kecamatan (select city and district module) opencart ini sebagai langkah awal dalam membuat modul pengiriman seperti JNE, Tiki, Pos, dll.


Sebagai Open Source, opencart memang masih banyak kekurangan terutama dalam hal shipping method. Lebih tepatnya tidak ada module bawaan yang mendukung jasa pengiriman di Indonesia. Terlebih lagi tarif JNE yang merupakan jasa kirim terbesar di Indonesia menggunakan kecamatan sebagai acuan. Menjadi masalah karena alamat yang bisa di input hanya sampai kota saja, itupun bukan merupakan select dropdown. Kenapa select dropdown begitu penting? Saya akan menjelaskan dengan singkat.

 

Data yang bisa kita dapatkan dari JNE adalah kecamatan-tarif. Katakanlah kita membuat modul JNE yang didasarkan pada kecamatan-tarif maka kita juga harus membuat database serupa. Sebagai contoh kita punya “Bandung:18000” di database yang berarti pengiriman ke Bandung dikenakan tarif Rp18.000. Seandainya pelanggan mengetikkan “Bandung” di kolom Kota maka tidak masalah karena yang diinput sesuai dengan database. Tapi bagaimana jika ia mengetikkan “Kota Bandung” atau “Bndung” atau mungkin “Bandung Cuyyy”, maka tidak sesuai dengan database sehingga tarif Rp18.000 tidak akan keluar. Saya sudah berkelana menjelajahi internet tapi belum menemukan modul gratis yang benar-benar pas. Ada beberapa namun database-nya diinput menggunakan data yang tidak saya kenali. Misal 1:10000,2:0000, dll. Nah 1, 2, 3 dst itu bertindak sebagai apa apakah city_code atau apa. Jika terdapat variable yang hanya diketahui oleh pembuat modul akan susah jika kita ingin mengupdate harga tarif. Karena tarif ongkir bisa saja berubah.

 

Nah, intinya menggunakan kecamatan sebagai dasar input data adalah yang terbaik. Dan itu bisa tercipta jika ada modul dropdown select kota dan kecamatan terlebih dahulu. Karena saya mempunyai cukup waktu luang maka saya memutuskan untuk membuat sendiri. Membuat dropdown select city dan district bukanlah hal yang terlalu sulit, karena kita tidak benar-benar membuat modul. Hanya memodifikasi yang sudah ada yaitu dropdown zone dan country. Ada beberapa langkah umum yang saya lakukan dan mungkin bisa jadi acuan bagi Anda yang juga ingin membuat.

 

1. Membuat Database di phpMyAdmin

Pertama saya membuat table baru benama ‘oc_city’ dan ‘oc_district’ yang pastinya berisi data kota dan kecamatan yang ada di Indonesia. Selain itu saya juga menambahkan column ‘city_id’ dan ‘district_id’ di table ‘oc_ address’, ‘oc_affiliate’, dll. Tujuannya tidak lain adalah agar data city dan district masuk ke address, affiliate, order, dll.

 

2. Membuat Menu Cities dan Districts di halaman Admin

 

modul select city district opencart


Mungkin hal yang aneh kenapa saya harus repot-repot membuat menu di Admin. Ya, memang menu ini tidak terlalu penting dan tidak harus ada karena data bisa di-input dan di-edit melalui phpMyAdmin. Jadi menu ini posisinya sebagai pelengkap saja. Juga sebagai sarana edit dan input melalui admin panel.


modul select city district opencart 


3. Memodifikasi Halaman Toko

Cukup ribet juga memang memodifikasi halaman toko yang menampilkan alamat di dalamnya. Karena tidak hanya satu halaman yang harus di-edit. Ada halaman register, address, dan checkout. Checkout sendiri dibagi lagi menjadi register, guest, shipping address, dan payment address. Sehingga ada banyak file di folder “template” yang harus di-edit. Namun sebelum itu semua variable yang digunakan harus didefinisikan terlebih dahulu di “controller”. Jadi file terkait yang ada di folder catalog/controller harus dimodifikasi.


modul select city district opencart


Selanjutnya agar data yang di-input bisa masuk ke database maka perlu dilakukan pembaharuan pada file terkait yang ada di folder “modul”. Nantinya data tersebut bisa dibaca pada halaman address dan order. Sebagai contoh ada penambahan kecamatan pada halaman order berikut.


modul select city district opencart


5. Memodifikasi Halaman Toko

Idenya hampir sama dengan poin 4 yaitu menampilkan data city dan district di halaman admin. Lebih tepatnya di halaman order, address, invoice, dll. Kira-kira seperti inilah yang akan muncul di halaman order. Bisa dilihat kecamatan juga sudah masuk.


modul select city district opencart


 Secara singkat itulah langkah pembuatan modul select city dan district. Tidak detail memang tapi bisa dijadikan sebagai gambaran umum. Masalah teknis dan detail silahkan di-explore sendiri karena tidak mungkin saya jelaskan secara rinci di sini. Bisa keriting nanti, heheh.. Sekarang tinggal membuat modul shipping JNE, Tiki, Pos, SiCepat, dll. Tapi mungkin saya hanya akan membuat JNE saja karena hanya itu yang saya butuhkan.  

Tags: opencart , tutorial
comments powered by Disqus